Perkembangan Kendaraan Mitsubishi di Medan

18 Apr

Perkembangan Kendaraan Mitsubishi di Medan

Perkembangan kendaraan mitsubishi di Medan – Mitsubishi sudah dikenal sejak tahun 1970 dan pertama kali didistribusikan oleh PT. New Marwa. Perusahaan yang berdiri tahun 1970 ini menjadi distributor tunggal dan pertama untuk kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Kemudian di tahun 1973 PT. New Marwa berganti nama menjadi PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors atau dikenal dengan KTB. Perusahaan ini memiliki 3 sektor penjualan kendaraan mitsubishi di Indonesia yaitu :

  1. Kendaraan Penumpang atau Passenger Car (PC) adalah kendaraan yang dikhususkan pada kendaraan sedan, MPV, Double Cabin dan SUV seperti Lance Evo, Xpander, Triton dan Pajero Sport untuk pengguna pribadi dengan tingkat kenyamanan dan keselamatan yang sangat baik.
  2. Kendaraan Niara Ringan atau Light Coommercial Vehicle seperti Colt T120SS, L300 dan Strada Triton dengan segmen pasar pelaku usaha untuk kebutuhan kendaraan bisnis menengah.
  3. Kendaraan Niaga atau Commercial Vehicle yaitu jenis kendaraan angkutan berat yang mengkhusukan segmen pasar industri atau kendaraan bisnis kelas berat seperti Fuso dan Traktor Head.

KTB sendiri sudah memulai penjualan kendaraan Mitsubishi sejak 1970 dan di tahun 1971 mengawali dengan peluncuran Colt T100 dan Jeep J20 pada masa itu masih memakai nama PT.New Marwa. Kemudian di tahun 1973 PT. Krama Yudha Ratu Motor (KRM) didirikan sebagai pabrik perakitan kendaraan Truk Mitsubishi. Pada tahun yang sama juga KTB mendirikan pabrik perakitan mesin, body parts dan chassis, selain itu di tahun yang sama juga KTB melakukan peluncuran FUSO. Hingga 2017 kendaraan terakhir yang di produksi yaitu Mitsubishi Xpander.

Untuk perkembangan secara regional sendiri sebagai contoh perkembangan kendaraan Mitsubishi di Medan sudah dimulai sejak 1970-an. Medan sudah mengenal Mitsubishi sejak awal peluncuran kendaraan Mitsubishi itu dimulai di Indonesia, tetapi kebanyakan sektor nya adalahm masih seputar kendaraan niaga. Seiring perkembangan waktu medan menjadi salah satu kota dengan pasar penjualan kendaraan Mitsubishi yang baik hal ini terbukti hingga saat ini penggunaan kendaraan mitsubishi masih terus dapat kita lihat dari tingginya penjualan L300 sebagai andalan kendaraan bisnis di kota medan. Tak hanya itu, mitsubishi xpander juga menjadi primadona di kelas MPV dengan angka penjualan yang sudah mendekati pesaingnya di Toyota dan Daihatsu.

sejak pertama kali diperkenalkan pada ajang pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 10 Agustus 2017 di Jakarta hingga hari ini, kendaraan Mitsubishi Xpander terus melesatkan angka penjualan yang luar biasa. Untuk angka penjualan di kota Medan sendiri sudah mencapai 3000-an unit dan berdasar data yang kami kumpulkan angka penjualan  mencapai 12.000-an unit dan mungkin sudah lebih sampai hari ini. Dan hingga hari ini Mitsubishi masih menjadi kendaraan pilihan masyarakat Indonesia dan kota medan pada khususnya.